Indonesia Terkena Dampak Kenaikan BBM Di Tahun 2022

Indonesia Terkena Dampak Kenaikan BBM Di Tahun 2022

Pertamina meloloskan penyesuaian harga akhir indeks bahan bakar curah pada tahun 2022. Anda perlu menyiapkan lebih banyak uang sekarang untuk membeli bahan bakar Pertamina. Sementara harga minyak dunia naik, harga minyak pemanas di Indonesia juga naik. Kenaikan harga minyak internasional memaksa perusahaan seperti Pertamina untuk menaikkan harga BBM, terutama hingga oktan 92 atau RON.

Kenaikan ini disebabkan oleh kenaikan harga minyak dunia akibat konflik antara Rusia dan Ukraina. Hari ini, harga minyak dunia naik di atas $100 per barel, mencapai level tertinggi sejak 2013. Menunggu jadwal harga BBM terbaru 2022 dari Pertamina? Berikut ulasannya

Semua Daftar Harga BBM Pertamina 2022

Harga Minyak Mentah Indonesia atau Indonesian Inflicted Price (ICP) pada 24 Maret 2022 mencapai $114,55 per barel. Sehingga Pertamina menyesuaikan harga BBM di Indonesia. Daftarnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertalite

Pertalite tidak berada di bawah kendali harga, tetapi bahan bakar di sini diproses oleh pemerintah Indonesia untuk menyediakan bahan bakar kepada pemerintah. Pertalit tidak dapat ditambahkan atau harganya menjadi Rp 7.650. Pasalnya, sebagian besar masyarakat Indonesia masih menggunakan daging.

Keputusan itu diumumkan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji saat bertemu dengan Komisi VII DPR. Dengan inovasi ini, Pertalite menjadi merek pelumas khusus (JBKP) sebagai Premium. Semula Pertalite adalah merek mentega generik (JBU) bersama Pertamax, Pertamina Dex, dan lainnya yang tidak disubsidi oleh pemerintah.

Menurut Pertamina Fuels, Pertalite merupakan bahan bakar minyak terlaris bersama Premium karena harganya yang terjangkau. Pertalit Octane lebih unggul dari Premium. Nilai oktan Pertalite adalah 90. Nilai oktan yang tinggi dari Pertalite menunjukkan kualitas lingkungan bahan bakar, karena pembakaran bahan bakar yang sempurna dan efisien.

  1. Pertamax

Pada 1 April 2022 pukul 00.00 waktu setempat, BBM Pertamax RON 92 tanpa zona subsidi dan pajak bahan bakar motor 5% diubah dari harga sebelumnya Rp 9.000 per liter menjadi Rp 12.500.

Menurut Sekretaris Jenderal PT Pertamina Patra Niaga, PT Pertamina (Persero) H C&T, Irto Ginting, harga Pertamax masih lebih kompetitif dibandingkan harga BBM sejenis yang dijual di SPBU lain. Peningkatan ini baru terjadi dalam tiga tahun terakhir

Menurut situs Pertamina Fuels, Pertamax memiliki nilai oktan (RON) 92. Pertamax diproduksi Pertamina mengingat kondisi lalu lintas di Indonesia, terutama di kota-kota besar yang cenderung padat. Pertamax dapat digunakan pada semua jenis kendaraan produksi tahun 2000-an.

Baca Juga : MINYAK BUMI DAN SUMBER DAYA MATAHARI YANG TERSEBAR DIBEBERAPA NEGARA

  1. Pertamax Turbo

Laporan website Pertamina berubah menjadi Pertamax Turbo. Harga Pertamax Turbo mulai dari Rp. 14.500. Pertamax Turbo merupakan produk unggulan Pertamina. Harga bahan bakar ini adalah RON 98, sehingga kompatibel dengan kendaraan berteknologi tinggi. Bahan bakar ini memenuhi standar Euro 4.

Pertamina BBM Indonesia

  1. Petamina Dex

Pertamina Dex adalah bahan bakar solar Pertamina. Pertamina Dex seperti yang diiklankan di website, Pertamina Dex antara Rp. 13.700 dan Rp. 14.300 di Indonesia. Pertamina Dex merupakan bahan bakar solar dengan jumlah solar tertinggi dengan nilai 53. Pertamina Dex dapat mempertahankan dan meningkatkan performa mesin mesin dengan performa tinggi. Bahan bakar ini memenuhi standar emisi Euro 3.

  1. Pertamina Dexlite

Menurut Pertamina, Dexlite pengganti solar untuk SUV murah dan kendaraan niaga dengan teknologi common rail. Pertamina menghadirkan Dexlite sebagai jaringan yang berani dengan twist yang mengecewakan tetapi harga yang tidak ada duanya.

Ini adalah tugas memberi makan orang. Bahan bakar ini memiliki berat molekul minimal 51. Dexlite merupakan bahan bakar diesel yang menghasilkan bahan kimia yang ramah lingkungan dan ekonomis untuk digunakan. Harga Pertamine Dexlite berkisar antara Rp 12.950 hingga Rp 13.550.

Spread the love
Comments are closed.